free website hit counter Miskonsepsi Tentang Berat dan Massa

Miskonsepsi Tentang Berat dan Massa

Iklan
Iklan

Miskonsepsi tidak berkembang dengan sendirinya, melainkan dapat pula disebabkan oleh metode pembelajaran yang diberikan sebelumnya, melalui buku yang dibaca, dan miskonsepsi tersebut sangat susah untuk dirubah Miskonsepsi banyak sekali muncul pada masa anak-anak dan sangat susah dipecahkan sampai mereka mendapatkan suatu aktivitas yang terstruktur. Meskipun pebelajar memiliki umur yang berbeda, mereka cenderung mempunyai kesamaan miskonsepsi terhadap topik-topik tertentu.
Miskonsepsi terjadi akibat mendengar atau melihat peristiwa dalam kehidupan sehari. Misalnya seorang saudagar menimbang dengan neraca pegas satu karung cabe, biasanya saudagar tersebut bilang kalau berat cabenya 40 kg bukan massanya 40 kg. Ini juga terjadi pada siswa SMP kelas VII di suatu sekolah negeri di Bali. Hampir dalam satu kelas (40 orang) siswa tersebut mengalami miskonsepsi mengenai massa dan berat. Di mana siswa bilang kalau satuan untuk berat adalah kg dan bukan newton.

Coba lihat gambar formulir tersebut. Bukannya penulis bermaksud menjelek-jelekan formulir tersebut. Akan tetapi masih ada kekeliruan atau miskonsepsi mengenai “berat dan satuannya”, di mana tertulis bahwa satuan dari berat adalah kg. Seharusnya satuan dari berat adalah Newton. Ini akan berdampak pada pembelajaran di sekolah, khususnya pembelajaran fisika (sains) di kelas.
Berat adalah besarnya gaya yang dialami benda akibat gaya gravitasi bumi pada benda tersebut. (W=m.g)dan satuanya newton (N), Sedangkan massa adalah banyaknya zat yang terkandung di dalam benda tersebut.Satuanya adalah kilogram (kg). Dalm fisika dan ilmu pengetahuan eksak, definisi massa dan berat harus benar-benar dibedakan. Massa dan berat memiliki satuan yang berbeda. Massa diukur dengan satuan kilogram, sedangkan berat memiliki satuan newton.
Hal mendasar yang membedakan berat dan massa adalah bahwa massa tak bergantung kepada dimana benda berada. Jika kita memiliki massa 50 kg di Bumi, massa kita tetap 50 kg di Bulan. Tapi, kalau kita punya berat 50 newton di Bumi, di Bulan belum tentu 50 newton juga. Berat bergantung kepada dimana kita berada. Berat kita berubah-ubah sesuai dengan tempatnya.

Sumber Gambar:
http://panduijen.blogspot.com
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Miskonsepsi Tentang Berat dan Massa"

Post a Comment