free website hit counter Dimensi Baru Penelitian Fisika: Cutting the Graphene Cake

Dimensi Baru Penelitian Fisika: Cutting the Graphene Cake

Iklan
Iklan
Graphene merupakan susunan atom karbon dalam kerangka segi enam seperti sarang lebah yang merupakan material baru yang memiliki sifat elektronik unggul, di antaranya adalah  mobilitas pembawa muatan yang tinggi. SGrafit sebagai bahan graphene adalah salah satu bentuk alami karbon. Satu milimeter grafit terdiri atas tiga juta lapisan graphene yang berdiri satu sama lain, tapi dalam susunan yang lemah. Meski tak lebih tebal dari sebuah atom, kekuatan graphene memang 100 kali lebih kenyal daripada baja. Sifat tipis dan kuat saja tak cukup untuk menggambarkan kelebihan material ini. Graphene memiliki sifat penghantar (konduktivitas) listrik yang tinggi, seperti halnya tembaga.

Graphene juga hampir transparan, dengan persentase cahaya yang diserap hanya sekitar 2,3 %. Ini berarti graphene bisa dipakai sebagai lapisan konduktor transparan, seperti panel sel surya. Maka, aplikasi graphene di masa datang bisa dimanfaatkan untuk membuat komputer berkecepatan tinggi, pesawat terbang dengan berat super ringan, dan layar sentuh transparan. Para peneliti di University of Manchester telah menunjukkan bahwa graphene dapat digunakan sebagai blok bangunan untuk membuat struktur kristal 3D baru.
Mengapit lembaran graphene tunggal dengan lapisan isolasi untuk menghasilkan perangkat listrik dengan sifat baru yang unik, metode ini bisa membuka dimensi baru penelitian fisika. Hasil mengejutkan menunjukkan bahwa teknik terbaru dengan mengisolasi graphene bisa menjadi lompatan besar untuk rekayasa pada tingkat atom. Dengan tehnik ini graphene dapat digunakan sebagai komponen utama dalam chip komputer.

Para ilmuwan menggunakan sinar ion untuk memotong permukaan graphene dan celah layaknya paarit di kedua sisinya  untuk mengisolasi. Herannya graphene merupakan bahan dimensi dua yang terdiri dari satu lapisan atom karbon yang disusun berbentuk sarang lebah. Ini adalah bahan tertipis di dunia namun juga salah satu yang terkuat.

Sumber Artikel:

Sumber Gambar:


Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dimensi Baru Penelitian Fisika: Cutting the Graphene Cake"

Post a Comment