free website hit counter Aplikasi Hukum I Newton pada Sabuk Pengaman

Aplikasi Hukum I Newton pada Sabuk Pengaman

Iklan
Iklan

Pihak kepolisian sekarang sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan penggunaan sabuk pengaman bagi pengendara mobil. Tahukah Anda kenapa setiap pengendara mobil dianjurkan menggunakan sabuk pengaman pada saat mengemudi mobil? Berdasarkan hasil survey didapatkan data bahwa orang yang menggunakan sabuk pengaman ketika terjadi kecelakan lebih banyak yang selamat dibandingkan dengan tidak menggunakan sabuk pengaman. Kenapa hal itu bisa terjadi? Yuk kita intip secara fisika.

Pernahkah Anda lihat apa yang akan terjadi pada pengemudi pada saat tabrakan? Ya pengemudi akan terdorong ke depan dengan sangat cepat. Coba kita banyangkan sebuah mobil melaju dengan kecepatan 80 km/jam tiba-tiba menabrak sebuah pohon yang besar, maka mobil tersebut akan ringsek bagian depannya dan tentunya berhenti mendadak dalam waktu yang sangat singkat (sekitar 0,1 s). Menurut hukum I Newton bahwa jika benda bergerak akan terus bergerak, oleh karena pengemudi mobil yang tidak memakai sabuk pengaman akan terus bergerak maju yang sama dengan kecepatan mobil yaitu dengan kecepatan 80 km/jam. Apa yang terjadi dengan pengemudi? Tentunya pengemudi itu akan membentur dashboard, kemudi, atau kaca depan mobil.


Sabuk pengaman sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda
Sumber Gambar: shinyshiny.tv

Pengemudi yang memakai yang sabuk pengaman (seperti gambar di atas), akan akan tetap tertahan di kursi karena ditahan oleh sabuk pengaman tersebut. Seiring dengan melambatnya mobil, maka pengemudi itu juga ikut akan melambat. Nah, pada sabuk pengaman akan memberikan sedikit waktu tambahan untuk melambat lagi bagi pengemudi itu, pada saat sabuk pengaman sedikit meregang menahan orang tersebut. 

Jadi gunakan sabuk pengaman jika anda pengemudi kendaraan agar selamat jika terjadi kecelakaan. Apa sih susahnya menggunakan sabuk pengaman?

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Hukum I Newton pada Sabuk Pengaman "

Post a Comment