free website hit counter Aplikasi Hukum Bernouli Pada Tendangan Pisang

Aplikasi Hukum Bernouli Pada Tendangan Pisang

Iklan
Iklan

Bagi yang suka nonton sepak bola khusunya pada pertandingan di Piala Eropa 2004 lalu. Di mana David Beckham  melakukan tendangan bebas dari jarak 30 meter. Bola yang ditendang melengkung ke samping seperti bentuk pisang, melewati pagar betis pemain lawan dan meluncur secara cepat masuk gawang membuat kiper terbengong-bengong. Kiper dibuat tidak mengerti mengapa bola itu bisa melengkung ke samping, kiper sukar mengantisipasi arah lengkungan bola ini. 

(sumber gambar: www.google.com)
Tendangan yang dilakukan oleh David Bechkam ini disebut dengan tendangan pisang, karena lintasan bola setelah ditendang berbentuk pisang. Bagaimana tendangan pisang ini bisa terjadi?

(Sumber gambar: www.yohanessurya.com)

Proses terjadinya tendangan pisang ini cukup sederhana. Pemain  hanya menendang bola sedikit di bawah pusat berat bola, perhatikan Gambar 2  di bawah ini. Tendangan seperti ini akan membuat bola melayang ke udara sambil berputar. Ketika bola bergerak dan berputar,  aliran udara mengalir berlawanan arah dengan arah gerak bola.  Putaran bola akan mempercepat aliran udara di daerah A dan memperlambat kecepatan aliran udara di daerah B sehingga kecepatan udara di daerah A lebih besar dibandingkan dengan kecepatan udara di daerah B, perhatikan Gambar 3.


(Sumber gambar: www.yohanessurya.com)

Nah menurut fisika peristiwa ini dikenal dengan hukum Bernoulli, udara yang bergerak lebih cepat, tekanannya lebih rendah. Perbedaan tekanan udara antara  daerah A dan B akan menimbulkan gaya tekan yang arahnya dari B ke A. Gaya tekan ini akan membuat bola lintasannya jadi melengkung. Jika bola bergerak dengan kecepatan sekitar 45 m/s dan berotasi dengan 8-10 putaran per menit, gaya tekan ini akan membelokkan bola selebar 4 meter. Peristiwa melengkungnya bola ini dalam fisika sering disebut dengan efek Magnus.


Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Hukum Bernouli Pada Tendangan Pisang"

Post a Comment