free website hit counter Bagaimana Cara Membuat dan Menggunakan Sub Domain Pada Blogspot?

Bagaimana Cara Membuat dan Menggunakan Sub Domain Pada Blogspot?

Iklan
Iklan
Mafia Online => Tidak hanya di blog yang hostingnya berbayar bisa membuat sub domain, di blog yang hostingnya gratis bisa membuat sub domain (seperti blogspot yang menyediakan hosting gratis). Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah memposting tentang bagaimana mengubah blogspot ke domain milik sendiri. Sedangkan pada postingan kali ini akan membahas tentang Cara Membuat Sub Domain dan Bagaimana Menggunakan Sub Domain Pada Blogspot.

Apa itu subdomain?
Sebelum lanjut cara membuat sub domain, terlebih dahulu harus mengenal apa itu sub domain. Mungkin ada yang penasaran, apa itu sub domain? Menurut Wikipedia, sub domain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs.

Sedangkan menurut Mafia Online, sub domain adalah nama domain yang bisa Anda tambahkan di depan nama domain Anda dan biasanya dipisahkan dengan titik (.), biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, Anda memiliki domain www.namadomain.com dan anda ingin membuat sub domain home.namadomain.com. Dalam contoh tersebut, "www" dan "home" adalah nama sub domain.

Apa untungnya menggunakan subdomain?
Kelebihan dari sub domain adalah bisa dibuat sebebas mungkin tanpa perlu membeli lagi domain. Sub domain menjadi sangat penting bila web atau perusaahan Anda telah berkembang. Anda tidak akan mengeluarkan duit untuk membeli domain lagi. Jadi anda bisa menghemat duit ratusan ribu rupiah.

Misalnya anda memiliki perusahaan krupuk dan memiliki website dengan nama domain www.krupukenak.com, kemudian perusahaan anda tersebut berkembang dan memiliki cabang di berbagai daerah (misalnya: Jakarta, Surabaya, dan Bali). Apakah anda harus membeli domain untuk perusahaan krupuk anda yang ada di Jakarta, Surabaya dan Bali? Tentu tidak. Cukup anda membuat subdomain untuk cabang perusahaan Anda (misalnya: jakarta.krupukenak.com, surabaya.krupukenak.com atau bali.krupukenak.com), anda sudah menghemat ratusan ribu rupiah dan tidak ribet membeli domain lagi.

Bagaimana cara membuat sub domain?
Ini merupakan bagian terpenting, bagaimana cara membuat subdomain? Membuat sub domain sangatlah gampang. Anda harus mengaturnya pada akun di mana anda membeli domain. Untuk kali ini Mafia Online akan membahas tentang membuat sub domain di IDWebhost. Kenpa? Karena Mafia Online membeli domain di IDWebhost. Oke langsung aja ke TKP.

=>Silahkan masuk dengan menggunakan username dan password ke idwebhost. Seperti gambar di bawah ini.




=>Selanjutnya klik menu “Manage”, lalu pilih “Manage Domain”  setelah muncul gambar berikut lalu klik “Manage DNS”


=>Akan muncul seperti gambar berikut. Silahkan isi pada CNAME seperti gambar berikut dengan cara mengklik “Go”.


=>Lalu klik “Save Change(s)”.

=>Proses pembuatan sub doamin selesai.

Bagaimana Cara Mengaturnya Pada Blogspot?
Cara pengaturannya sama seperti pada saat anda mengatur domain utama anda di blogspot. Setelah anda membuat sub domain di idwebhost langkah selanjutnya adalah mengaturnya di blogspot anda.

=>Silahkan login terlebih dahulu ke Blogger.com

=>Lalu klik menu “Setelan”, lalu pilih sub menu “Dasar

=>Pada Alamat Blog klik “+Tambahkan domain khusus” lalu klik “Alihkan ke setelan lanjutan

=>Pada "Setelan lanjutan" masukkan nama sub domain Anda. Contoh silahkan lihat gambar berikut ini.


=>Lalu klik “Simpan”

=>Prose Mengatur Domain Pada Blogspot Selesai, dalam waktu sekitar 24-48 jam blog blogspot anda sudah akan terganti menjadi sub domain yang anda buat.

Catatan: jika ada kendala dalam Bagaimana Membuat Sub Domain Di Blogspot, silahkan coba untuk menghubungi customer service idwebhost dengan menggunakan “Id Yahoo” Anda (Yahoo Messenger). Anda akan dilayani dengan baik dan ramah juga. Belum punya ID YAHOO? Silahkan anda daftarkan diri anda ke yahoo.com (gratis).
Sekian postingan tentang  Cara Membuat Sub Domain dan Bagaimana Menggunakan Sub Domain Pada Blogspot. Semoga postingan ini bermanfaat.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bagaimana Cara Membuat dan Menggunakan Sub Domain Pada Blogspot?"

  1. Bagaimana cara menggunakan subdomain untuk website

    ReplyDelete