free website hit counter Rumus Kimia Cuka dan Cara Membuatnya

Rumus Kimia Cuka dan Cara Membuatnya

Iklan
Iklan

Siapa yang tidak kenal yang namanya cuka? Cuka sangat mudah kita dapatkan, hampir semua supermarket atau minimarket menjual produk yang satu ini, bahkan toko-toko pun ada yang menjual cuka. Cuka sering digunakan untuk bumbu penyedap lho. Tidak mengherankan jika ada beberapa penjual bakso menyediakan cuka untuk pelanggannya. Bagi yang belum pernah mencoba menggunakan cuka untuk menambah lezatnya bakso bisa mencoba sendiri. Rasa bakso akan tambah maknyus lho.


Sekilas Tentang Cuka
Menurut sejarah, cuka adalah golongan asam lemah yang paling mudah didapat. Tidak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, cuka memiliki ragam penggunaan di bidang industri, pengobatan, kecantikan, dan pembersih. Dalam bidang industri cuka digunakan sebagai pelarut bahan kimia organik, terutama digunakan dalam produksi selulosa asetat, industri farmasi, pembuatan filter rokok plastik, pewarna, pestisida, rempah-rempah, dan industri polishing logam. Untuk pengobatan, cuka dapat digunakan sebagai pengobatan, misalnya untuk mengobati batuk dan flu.

Selain itu, cuka juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit lho, misalnya cuka apel. Cuka apel bisa digunakan untuk melembutkan kulit, mengurangi bercak penuaan, melawan jerawat, membersihkan kulit berminyak, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Cuka
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat cuka yakni secara tradisonal dan modern. Membuat cuka secara tradisional sangat gampang sekali. Cara paling mudah untuk membuat cuka secara tradisional bisa menggunakan tuak atau nira. Tuak atau nira yang pada awalnya berasa manis ini, didiamkan beberapa minggu, nanti akan berubah menjadi cuka yang rasanya asam pekat. Selain menggunakan tuak atau nira, cuka juga bisa dibuat dengan menggunakan buah pisang batu atau dikenal juga dengan nama pisang Kluthuk. Buah pisang batu yang sudah masak dikupas kulitnya untuk mengambil daging buahnya, lalu dibiarkan beberapa hari, lalu daging buah pisang batu akan berubah menjadi cuka. 
Cuka Sari Apel
Foto by Piqsels
Membuat cuka dengan cara tradisional akan memerlukan waktu yang cukup lama. Cara membuat cuka dengan cara cepat (cara modern) bisa dibuat dengan bantuan mikroorganisme. Bahan baku yang akan digunakan dihancurkan, dimasukkan ke dalam wadah, lalu ditambahkan mikroorganisme sebagai pencetus proses fermentasi. Karena itulah, waktu yang dibutuhkan lebih cepat, biasanya hanya dalam hitungan hari. Aroma dan cita rasanya lebih spesifik asam asetat karena mikroorganisme yang digunakan biasanya cenderung sama, walau bahan yang digunakan berbeda.

Rumus Kimia Cuka
Nama lain dari cuka adalah asam asetat. Asam asetat merupakan salah satu asam karboksilat paling sederhana, setelah asam format. Cuka atau asam asetat memiliki rumus kimia CH3COOH. Larutan asam asetat dalam air merupakan sebuah asam lemah, artinya hanya terdisosiasi sebagian menjadi ion H+ dan CH3COO
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Kimia Cuka dan Cara Membuatnya "

Post a Comment