free website hit counter Berapa Ukuran Planet Mars?

Berapa Ukuran Planet Mars?

Iklan
Iklan

Planet Mars disebut juga planet Merah karena warna dari planet ini di dominasi warna merah. Planet Mars merupakan planet keempat dari matahari setelah bumi, merupakan planet terkecil kedua di tata surya, setelah planet Merkurius. Mars adalah sekitar setengah (53 persen) ukuran Bumi, dan merupakan adalah planet padang pasir, ia memiliki lahan kering dengan jumlah yang sama dengan Bumi. Diantara planet pada gugusan tata surya, planet Mars yang memiliki kemiripan dengan planet Bumi, karena jaraknya yang relatif dekat, planet ini dapat diamati dengan jelas, tanpa awan tebal seperti planet lainnya.

Ukuran planet Merah (Mars) dibandingakn dengan Planet Bumi
Sumber Gambar  http://www.space.com
Planet Mars sekali berotasi memerlukan waktu 24,6 jam. Pada daerah khatulistiwa, Mars memiliki diameter 4.222 mil (6.794 km), sedangkan dari kutub ke kutub memiliki diameter 4196 mil (6752 km). Keliling Mars di daerah katulistiwa adalah sekitar 13.300 mil (21.343 km), tapi dari kutub ke kutub Mars hanya sekitar 13.200 mil (21.244 km). Bentuk ini disebut bulat pepat.

Massa Mars adalah 6.42 x 1023 kg, sekitar 10 kali lebih kecil dari Bumi. Hal ini mempengaruhi gaya gravitasi. Gravitasi di Mars adalah 38 persen, lebih kecil daripada di Bumi, sehingga orang yang massanya 100 kg di Bumi berat akan menjadi 380 N di Mars. Jika orang melompat di Mars, tinggi lompatannya akan menjadi 3 kali lebih tinggi daripada di Bumi.

Mars memiliki gunung tertinggi dan lembah terdalam di tata surya kita. Olympus Mons merupakan gunung tertinggi sekitar 17 mil (27 kilometer), sekitar tiga kali tinggi Gunung Everest. Hal ini juga salah satu gunung berapi terbesar di tata surya berdiameter sekitar 370 mil (600 kilometer), cukup lebar untuk menutupi seluruh negara bagian New Mexico.

Lembah yang bernama Valles Marineris merupakan lembah terdalam di Mars bahkan terdalam di tata surya kita. Lembah ini diberi nama Valles Marineris karena Mariner 9 yang menemukannya pada tahun 1971. Kedalaman lembah ini adalah 6 mil (10 kilometer) dan panjangnya 2.500 mil (4.000 kilometer), sekitar seperlima dari jarak Mars.


Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Ukuran Planet Mars?"

Post a Comment