free website hit counter Inilah Alasan Para Blogger Melakukan Copy Paste

Inilah Alasan Para Blogger Melakukan Copy Paste

Iklan
Iklan

Copy paste merupakan istilah yang sering kita dengar dalam dunia komputer. Copy paste merupakan tindakan di mana orang mengambil tulisan atau artikel lalu mempastenya di sebuah dokumen atau mempublikasikannya ke sebuah situs.

Bahaya copy paste


Sekarang tindakan copy paste ini mendapat perhatian serius di dunia blogger. Mbah Google sedang gencar-gencarnya melakukan “pembersihan” terhadap situs-situs yang melakukan copy paste terhadap situs lain. Lalu apa alasan orang melakukan copy paste?

Banyak alasan orang melakukan copy paste. Ada yang bilang hemat waktu, hemat tenaga, hemat pikiran, dan hemat uang. Jadi, ada banyak “hemat” jika orang melakukan tindakan copy paste. Dibalik banyak “hemat” ada dampak yang mengerikan dari copy paste tersebut. Sebelum membahas dampak dari copy paste saya akan bahas dulu alasan orang melakukan copy paste. Berikut alasan-alasan orang melakukan copy paste.

Tidak Mampu Mengembangkan Kalimat
Kejadian ini saya alami sendiri, di mana saya sendiri sulit mengembangkan kalimat agar menjadi kalimat yang bagus sehingga enak di baca oleh para netter yang berkunjung ke blog saya. Di sini agar mampu menulis dengan baik perlu latihan yang banyak dalam menulis artikel.  Terkadang kata-kata atau kalimat yang saya tulis bebelat-belit yang ujung-ujungnya membuat bad mood jika membacanya.

Karena ketidakmampuan dalam mengembangkan kalimat maka saya melakukan copy paste. Sebelum munculnya google panda dan google pinguin aktivitas copy paste lancar-lancar saja. Sejak munculnya “dua mahluk aneh” tersebut, aktivitas copy paste menjadi sangat merugikan. Ditambah lagi munculnya mahluk raksasa jaman tempo dulu, google dinosaurus, aktivitas copy paste sungguh sangat mengerikan. Amukan google panda saja tidak mampu ditangani, apalagi amukan google dinosaurus. Yang jelas trio google (panda, pinguin dan dinosaurus) sangat mengerikan buat para blogger yang melakukan copy paste.

Tidak Tahu/Belum Menguasai Topik Yang Di Bahas
Saran saya sebelum anda terjun ke dunia ngeblogging alangkah baiknya cari topik yang anda kuasai untuk dibahas. Karena ini sangat berpengaruh terhadap artikel yang anda posting nantinya. Coba bahas atau posting sesuatu yang menjadi hoby Anda, karena paling mudah membahas yang paling disukai. Bahkan anda akan mampu membahsanya secara mendetail jika hal tersebut anda sukai.

Akan tetapi pada awalnya memang sulit memulai untuk membahas suatu topik secara mendetail. Diperlukan dorongan yang luar biasa dari diri sendiri untuk memulai hal tersebut. Anda harus benar-benar keluar dari “zona nyaman”. Jika anda masih dalam keadaan “zona nyaman” maka langkah yang anda ambil pasti melakukan copy paste. Jadi, ketidaktahuan atau belum menguasai topik yang dibahas membuat orang melakuakan copy paste.

Hemat Semuanya
Nah ini alasan yang paling klasik orang melakukan copy paste, hemat segalanya. Hemat waktu, orang yang melakukan copy paste bisa memposting 5 artikel atau lebih dalam sehari. Sedangkan orang yang menulis artikel sendiri belum tentu bisa menulis artikel sebanyak itu, paling tidak hanya mampu menulis satu artikel dalam sehari. Bahkan hanya mampu menulis ½ artikel dalam sehari. Jadi orang yang melakukan copy paste bisa menghemat banyak waktu dan tidak perlu duduk berjam-jam di depan laptop atau komputer.

Hemat tenaga, duduk berjam-jam di depan komputer atau laptop bisa membuat badan menjadi pegal-pegal. Untuk menghindari duduk berjam-jam di depan komputer atau laptop, copy paste lah yang menjadi solusi utamanya. Hemat pikiran, untuk menghasilkan artikel yang berkualitas anda harus menguras pikiran anda. Anda harus berpikir secara ekstra untuk membuat sebuah artikel yang benar-benar berkualitas. Untuk menghemat pikiran, lagi-lagi copy paste menjadi solusinya.

Hemat uang? Benarkah copy paste bisa menghemat uang? Sekarang banyak ada jasa pengetikan artikel. Coba anda tanya di Mbah Google “jasa pengetikan artikel” maka akan ada berjejer lapak-lapak di mesinnya Mbah google yang menyajikan jasa penulisan artikel dengan harga yang bervariasi. Jadi, anda harus merogoh kocek yang lumayan untuk menyewa jasa tersebut. Lho ngapain kita beli artikel, lebih baik kita copy paste saja yang sangat menghemat uang bahkan bisa menghasilkan uang lagi. Lagi-lagi copy paste menjadi solusi untuk menghemat uang.

Sifat Malas Menulis
Ini alasan yang super-super klasik, malas. Ya, malas menulis artikel. Ini terlalu menggunakan prinsip ekonomi, “dengan modal yang sangat kecil tetapi ingin menghasilkan yang sebesar-besarnya”. Ingin meraup duit yang banyak lewat blog tetapi malas menulis artikel, ini sungguh menggelikan bagi para blogger yang melakukan hal tersebut.

Jika anda ingin menghasilkan duit lewat blog sudah saatnya sifat malas menulis atau copy paste segera hilangkan. Anda harus benar-benar keluar dari “zona nyaman”. Hal ini sesuai dengan bunyi hukum newton pertama, “jika benda diam maka benda tersebut cenderung akan diam (mempertahankan keadaannya) kecuali ada gaya yang mengenai benda tersebut”. Jangan anda bermimpi ingin menghasilkan banyak duit lewat blog jika anda sendiri malas menulis artikel.

Itulah alasan-alasan orang melakukan copy paste. Di balik alasan tersebut ada dampak yang mengerikan dari copy paste. Apa saja dampak dari copy paste?

Untuk ingin mengetahui secara nyata dari dampak copy paste silahkan anda baca blognya Mas Ricky Pratama, trikmudahseo.blogspot.com. Mas Ricky sedang gencar-gencarnya “membasmi” dan memperingatkan supaya berhati-hati bagi yang suka copy paste. Dari salah satu artikel di blog tersebut dijelaskan bahwa dampak dari copy paste adalah terhapusnya blog jika blog tersebut dilaporkan oleh pemilik blog yang di copy paste artikelnya. Coba anda bayangkan berapa waktu, tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk membuat sebuah blog dan ujung-ujungnya bloga anda dihapus oleh Google. Bukannya hemat tetapi merugikan.

Kalau tidak salah ada lima buah blog yang sudah dihapus oleh Google yang telah mengcopy artikelnya blog mas Ricky. Bukannya artikelnya saja yang dihapus tetapi seluruh blog tersebut dihapus oleh Mbah Google, sungguh sangat mengerikan.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Inilah Alasan Para Blogger Melakukan Copy Paste"

  1. Ada 1 lagi alasan orang copy paste yaitu untuk menjatuhkan peringkat blog orang lain. Ini pernah saya alami untuk artikel saya yang berjudul "apa manfaat update artikel lama di blog". Karena artikel yang terbit di blog saya lebih lambat terindex ketimbang versi copas yang terbit di blog tetangga.

    Akibatnya untuk prasa pencarian "apa manfaat update artikel lama di blog" blog saya tidak tampil di halaman 1 dan ke 2 google, sementara blog pelaku copas tampil di peringkat atas google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tujuannya hanya untuk menjatuhkan peringkat blog orang lain, kasih saja himbauan kepada pemilik blog yang melakukan copy paste agar menghapus postingannya. Kalau masih juga tidak menghiraukan himbauannya, ya tinggal melaporkannya kepada Mbah Google. Efek dari copy paste kalau dilaporkan oleh pemilik konten adalah blog tersebut akan dihapus oleh Google atau hilang dari mesinnya mbah google.

      Delete