free website hit counter Alexa Rank atau Trafik Page Views?

Alexa Rank atau Trafik Page Views?

Iklan
Iklan

Saya menulis artikel ini karena saya memiliki dua kebingungan. Pertama, kenapa Page Views blog di google analytic, histats dan dasbord bloger berbeda-beda? Ini saya alami pada blog saya, di mana kunjungan perharinya berdasarkan google analityc, histats dan dasbord blogger menampilkan jumlah kunjungan yang berbeda-beda. Ada yang bilang kalau google analytic yang lebih akurat. Benarkah itu? sampai sekarang saya menulis ini artikel belum juga menemukan jawabannya.

Alexa Rank atau Trafik Page Views?

Kebingungan saya yang kedua, kenapa blog saya yang jumlah kunjungan perhari mencapai rata-rata 1500 Page Views (berdasarkan Google analytic), 3500 Page Views (berdasarkan histats), dan 5000 Page Views (berdasarkan dasbord blogger) hanya memiliki alexa rank rata-rata 400.000 dan tidak bisa merampingkannya lagi (mentok di 400 ribuan). Sedangkan saya lihat di blog salah satu teman blogger yang Alexa rank-nya rata-rata 95.000 hanya mampu menembus 200 Page Views perharinya (berdasarkan statistik histatsnya). Lho kok bisa? Apa yang terjadi?

Setelah saya cari-cari di Mbah Google, ternyata sistem kerja dari alexa rank adalah bahwa Alexa akan mendeteksi situs atau blog tersebut jika orang tersebut memasang toolbar Alexa di browsernya. Jadi, jika pengguna internet tidak memasang toolbar alexa di browsernya, tidak akan mempengaruhi peringkat Alexa anda walaupun blog anda di baca ribuan kali oleh pengunjung jika browser yang penggunjung gunkan belum atau tidak diinstal alexa toolbar. Jadi perlukah anda memasang widget alexa rank di blog anda? Yang mana anda ingin capai, Alexa rank atau page views?

Ada yang bilang kalau alexa ranknya ramping maka banyak para pengiklan akan memasang iklannya di blog tersebut. Apakah ini tidak salah? Bukannya suatu produk akan bisa laku terjual jika blognya dikunjungi ribuan orang perharinya. Apa gunanya alexa rank yang begitu ramping tetapi Page Views perharinya sangat rendah? Sudah saatnya sekarang para pengiklan untuk mempertimbangkan dalam mempromosikan produk-produknya di suatu blog, karena tidak menjamin blog yang Alexa ranknya ramping memiliki banyak pengunjung. Malah sebaliknya blog yang Alexa ranknya gemuk tetapi memiliki ribuan pengunjung tiap harinya.

Menurut saya kita perlu memasang Alexa Rank untuk gengsi-gengsian saja, karena kita akan merasa bangga jika blog kita memiliki Alexa Rank yang sangat ramping walaupun pengunjung ke blog kita sangat sedikit sekali. Dengan memiliki Alexa rank yang ramping, pengunjung blog akan mengira kalau blog tersebut memiliki ribuan pengunjung perharinya, padahal sesungguhnya hal tersebut belum tentu benar. Karena ada blog yang memiliki Alexa rank yang sangat ramping (di bawah 100 ribuan) memiliki pengunjung sangat sedikit perharinya.

Jadi tips buat yang mau memasang iklan di suatu blog adalah tanyakan terlebih dahulu berapa jumlah Page Views perharinya berdasarkan google analytic, histats dan dasbord blognya. Seperti yang sudah dilakukan oleh Adsatar Indonesia, di mana bila ingin menjadi penerbit iklan Adstar Anda harus diwajibkan memiliki minimal 150.000 Page Views perbulannya dan Adstar pun tidak mensyaratkan Anda harus memiliki Alexa Rank tertentu untuk menjadi publisher Adstar.

Untuk masalah kebingungan saya yang pertama mungkin ada para blogger yang tahu kenapa hal itu bisa terjadi. Kalau ada yang tahu tolong share ya, biar saya tahu penyebabnya. Sekian psotingan Mafia Online, semoga artikel ini berguna buat kita semua.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Alexa Rank atau Trafik Page Views?"

  1. wah gan, ane kepengen blog ane bisa mencapai rank 1 pada alexa ngalahin google wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya silahkan saja, tidak ada yang tidak mungkin. wkwkwk

      Delete
  2. Oke, kalau aku lebih suka pada google page rank daripada alexa rank, script widget alexa rank di blog saya seowaps.com sudah saya hapus. sebab pasang script alexa rank di widget blog dapat mempengaruhi loading blog. kalau loadingnya lambat otomatis banyak pengunjung yang berkurang dong. Sekian saja sobat, salam dari seowaps.com

    ReplyDelete