free website hit counter Manfaat air kelapa muda sebagai minuman isotonik untuk olahraga

Manfaat air kelapa muda sebagai minuman isotonik untuk olahraga

Iklan
Iklan
Mafia Online => Air kelapa muda, merupakan jenis minuman yang telah dikenal lama. Di sepanjang pinggiran jalan raya (khususnya di kota-kota), mudah kita jumpai penyedia minuman segar air kelapa muda. Popularitas air kelapa sebagai minuman penyegar semakin populer dengan adanya iklan di TV yang menyatakan bahwa air kelapa muda sebagai minuman isotonik yang cocok untuk kegiatan olahraga. Selain sebagai minuman segar, air kelapa yang kaya akan potasium (kalium) ini, juga dimanfaatkan sebagai media produksi nata de coco.

Buah kelapa merupakan buah tanaman tropis yang airnya
kaya akan kalium cocok untuk minuman penambah energi.
Sumber gambar: bloggers.com

Air kelapa muda bisa digunakan sebagai minuman penambah energi alami. Hal ini karena air kelapa kaya akan potasium (kalium), gula, dan protein. Secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna, sehingga mirip dengan cairan tubuh manusia. Ini sangat dianjurkan untuk diminum bagi yang mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Menurut Bhattacharya seperti yang dikutip dalam Sciencedaily, menyatakan air kelapa muda adalah minuman alami yang memiliki segalanya untuk minuman olahraga. Air kelapa muda memiliki lima kali lebih banyak kalium dibandingkan Gatorade atau Powerade. Setiap kali Anda mendapatkan kram di otot Anda, potasium (natrium) akan membantu Anda untuk menghilangkan kram. Ini adalah minuman sehat yang mampu mengisi ulang nutrisi tubuh Anda yang telah hilang selama latihan olahraga.

Bhattacharya juga mengatakan bahwa kalium dalam air kelapa juga dapat menguntungkan orang lain yang tidak berolahraga. Makanan khas Amerika yang rendah kalium dan tinggi natrium, yang ditemukan dalam garam meja. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan makanan rendah kalium dan tinggi natrium memiliki dua kali risiko kematian akibat penyakit jantung dan risiko 50 persen lebih tinggi dari kematian dari semua penyebab kematian. Analisis lainnya menunjukkan bahwa porsi 12 ons air kelapa memiliki lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang. Itu merupakan antioksidan tinggi yang menyehatkan tubuh Anda.

Tim Bhattacharya menganalisa air kelapa, Gatorade dan Powerade, ditemukan bahwa dalam 1 liter air kelapa muda mengandung kalium hingga 1.500 mg, dibandingkan dengan Powerade dan Gatorade yang mengandung sampai 300 mg. Air kelapa juga memiliki kandungan nartium sebesar 400 mg dalam satu liternya.

Akan tetapi, air kelapa memiliki kandungan sodium yang rendah, di mana ia tidak cocok sebagai minuman olahraga yang baik bagi orang-orang yang terlibat dalam olahraga berat yang menghasilkan banyak keringat. Berkeringat membuat orang kehilangan natrium lebih dari kalium, dan air kelapa saja tidak bisa menggantikan sodium yang hilang.

Air kelapa muda agar cocok dikonsumsi untuk minuman olahraga berat perlu ditambahkan natrium di setiap produk-produk minuman isotonik yang mengunakan air kelapa sebagai bahan utamanya, sehingga kandungan mineralnya menjadi seimbang (khusus untuk perusahaan yang mengemas air kelapa ke dalam botol atau kaleng). Akan tetapi, alangkah baiknya minum air kelapa muda tanpa campuran apa-apa, karena itu masih alami tanpa campuran zat pengawet.

Cocoknya minum kelapa mudah pada siang hari, di mana pada saat itu udara terasa agak panas sehingga lebih cepat mengeluarkan keringat yang berakibat hilangnya cairan tubuh dan akan lebih segar untuk menghilangkan dahaga. Agar khasiat dari air kelapa tak hilang, lebih baik minum air kelapa segar yang baru dibuka dari tempurung dan jangan membiarkan air kelapa muda terbuka terlalu lama kerena itu akan mengubah cita rasa air kelapa itu sendiri.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat air kelapa muda sebagai minuman isotonik untuk olahraga"

Post a Comment