free website hit counter Tips Belajar Matematika, Fisika dan Kimia (Mafia)

Tips Belajar Matematika, Fisika dan Kimia (Mafia)

Iklan
Iklan

Tips Agar Bisa Menguasai Mata Pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia (Mafia)

Salam Mafia Hunter!! Jaya!!
Berikut kami sajikan tips untuk para Mafia Hunter agar siap menghadapi Ujian Nasional (UN). Kami sebut mafia hunter (pemburu mafia) untuk para fans mafia, karena kami sedang memburu yang namanya matematika, fisika, dan kimia (mafia). Kok diburu? Ya harus diburu karena mafia dianggap mata pelajaran momok yang menakutkan, jadi harus diburu agar tidak jadi menakutkan melainkan menyenangkan. Adapun berikut tipsnya agar bisa menaklukan si Mafia adalah:

1.       Berdoa
Ingat sebelum melakukan kegiatan yang namanya belajar terlebih dahulu melakukan kegiatan do’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing. Pengalaman seseorang yang saya temui (kisah nyata), dia berkata kepada saya, “saya ini siswa yang paling bodoh dikelas” akan tetapi saya rajin sembahyang dan berdoa. Teman saya yang lebih pintar dari saya tidak naik kelas tetapi saya naik kelas”. Ini menandakan dengan sering sembahyang maka faktor keberuntungan akan lebih berpihak kepada anda.
Jadikanlah ibadah itu sebagai kebutuhan pokok anda, bukan dijadikan sebagai kewajiban. Jika dijadikan sebagai kewajiban maka anda melakukan kegiatan ibadah secara terpaksa bukan secara iklas. Ini juga diungkapkan oleh guru PPKn saya (Pak Catra) waktu saya SMA, beliau berkata “Jadikanlah ibadah itu sebagai kebutuhan anda, jangan jadikan ibadah tersebut sebagai kewajiban” layaknya nasi yang menjadi kebutuhan pokok kita sehari-hari.Spesial thank to Mr. Catra!

2.       Rutin
Jangan belajar pada saat menjelang ulangan atau menjelang ujian saja.Lakukan kegiatan belajar setiap hari minimal 30 menit/mata pelajaran setiap hari. Karena belajar pada saat menjelang ujian atau ulangan maka saya yakin otak anda akan Ngeblank. Berbeda dengan belajar rutin, akan membuat kita lebih bnyak mengingat pelajaran yang kita pelajari, karena sering dipejari dan dilatih.
Ini ada ungkapan dari guru fisika saya (Pak Sweta) waktu saya SMA, beliau berkata “Adapaun keberhasilan seseorang 80% ditentukan karena disiplin dan 20% karena IQ”. Itu menandakan jika anda ingin berhasil belajar mafia maka anda harus disiplin waktu. Jadi belajar mafia tidak hanya untuk orang yang pintar hitung-hitungan atau memiliki IQ yang tinggi. Belum tentu orang yang pintar akan berhasil belajar mafia jika dalam hidupnya tidak dislpin. Spesial thank to Mr. Sweta!
Banyak siswa yang mengalami stres atau pingsan pada saat menjelang UN, hal ini diebabkan karena dia belum siap menghadpi UN. Cara yang paling ampuh menghadpi UN adalah belajar dan berlatih dengan rutin (disiplin). Saya yakin 99% dengan belajar rutin Anda akan siap menghadapi UN dan pasti Anda lulus UN.

3.       Jangan menyerah
Jika menemukan soal-soal yang sulit jangan langsung menyerah.Kerjakan terus soal itu sampai dapat jawabannya.Walaupun pada akhirnya belum ketemu juga hasilnya.Cari jalan terakhir yaitu bertanya kepada orang yang lebih tahu atau lebih paham terhadap soal tersebut (misalnya: kakak tingkat, guru, atau orang tua). Kebanyakan orang malas belajar mafia karena mereka macet pada saat mengerjakan soal-soalmafia. Dalam belajar mafia kita akan dihadapkan dengan soal-soal yang lumayan memeras otak. Akan tetapi kita jangan menyerah dengan soal tersebut. Kita harus taklukan soal tersbut. Sebuah kebanggaan bagi kita bila kita mampu menaklukan soal-soal mafia yang sangat sulit.

4.       Latihan
Belajar MAtematika, FIsika dan kimiA (MAFIA)tersebut tidak hanya dilihat dan dibaca saja, akan tetapi kerjakanlahsoal-soal tersebut. Minimal dalam satu hari harus menyelasikan dua soal/mata pelajaran, kalaupun lebih dari dua soal dalam satu hari sangatlah bagus. Misal: jika dalam satu tahun ada 365 hari maka dalam satu tahun anda sudah mengerjakan 730 soal/mata pelajaran.Biasanya UN diadakan pada bulan Mei tahun ke tiga atau kurang lebih 850 hari sejak kalian mulai sekolah, maka anda sudah mengerjakan 1700 soal/mata pelajaran mejelang UN. Jadi saya yakin anda akan siap menghadapi UN jika anda sudah mengerjakan kurang lebih 1700 soal. Jadi kalian tidak perlu repot-repot mencari kunci jawaban ke sana kemari atau tidak perlu membawa hape pada saat ujian. Bahkan tidak perlu sampai membayar jutaan rupiah untuk membeli kunci jawaban UN.

5.       Bertahap
MAFIA merupakan mata perlajaran yang saling berkaitan satu sama yang lainnya. Jadi kalian harus mempelajarinya secara bertaha,misalnya dalan mata pelajaran fisika, kalau kalian ingin menguasai konsep percepatan, terlebih dahulu kalian harus menguasai konsep kecepatan. Konsep kecepatan kalian akan dikuasai jika kalian sudah paham konsep perpindahan. Jadi kalian harus kuasai terlebih dahulu konsep dasar dari pelajaran tersebut.

6.       Jangan Dilupakan
Kesalahan yang paling fatal dalam belajar MAFIA adalah materi yang sudah dipahami pada semester sebelumnya akan dilupakan pada semester berkutnya. Jadi disini perlu dilakukan pembukaan memori jangka panjang. Materi yang sebelummnya dipahami dan agar tidak lupa maka perlu lagi baca-baca ulang dan lakukan latihan mengerjakan soal-soal (pengayaan) agar ingat lagi dan terus berada dalam memori jangka panjang. Tapi kalau kalian sudah paham konsep dan prinsipnya serta sering latihan mengerjakan soal-soal mafia. Saya yakin konsep tersebut akan nyantul diotak kalian selamanya, walaupun lupa sedikit-sedikit, kalau sudah dibangkitkan lagi memorinya pasti akan ingat lagi. Caranya dengan baca ulang lagi materi tersebut.


For Mafia Hunter:
Selamat bersenang ria dengan Si Mafia !!
Semoga berhasil !!
Mafia!! Jaya!!
 

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Belajar Matematika, Fisika dan Kimia (Mafia)"

Post a Comment