free website hit counter Cara Cepat Mencari FPB dan KPK (Kesalahan Yang Fatal)

Cara Cepat Mencari FPB dan KPK (Kesalahan Yang Fatal)

Iklan
Iklan
Mafia Online sudah mengulas tentang cara menentukan faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) pada dua bilangan bulat atau lebih. Berikut postingan-postingan tersebut, yakni:


Semua cara di atas pastinya Anda sudah pernah mempelajarinya pada waktu duduk di bangku sekolah dasar (SD), bahkan sampai duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) juga Anda akan diperkenalkan dengan cara yang sama. Jadi, di bangku SMP anda hanya mengingat kembali dan memantapkannya apa yang pernah didapatkan di bangku SD.

Selain dengan cara-cara di atas, ada lagi cara cepat yang Mafia Online temukan setelah “jalan-jalan di dunianya Mbah Google”. Cara-cara tersebut ada yang “kebetulan benar” dan jika diterapkan pada contoh soal yang lain hasilnya ada juga yang salah, bahkan tingkat kesalahannya sampai fatal. Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Sumber gambar:
Google Image dan produkperawatankecantikan.com
Cara Cepat FPB
Dari beberapa blog menjelaskan bahwa faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan bulat dapat diperoleh dengan cara “mencari sisa dari pembagian bilangan bulat yang besar dengan bilangan bulat yang kecil”. Misalnya berapakah FPB dari 12 dan 18?

Bilangan besarnya adalah 18 dan bilangan kecilnya 12, hasil bagi dari kedua bilangan tersebut yakni:
=> 18 : 12 = 1 sisa 6
Jadi FPB dari 12 dan 18 adalah 6 (hasilnya benar)

Bagaimana dengan FPB dari 21 dan 30? Jika kita menggunakan faktorisasi prima dan pohon faktor, maka akan diperoleh FPB dari 30 dan 21 adalah 3. Bagaimana dengan cara cepat yang diposting di beberapa blog?

Jika kita menggunakan cara cepat yang diposting di beberapa blog maka hasilnya sebagai berikut. Bilangan besarnya adalah 30 dan bilangan kecilnya 21, hasil bagi dari kedua bilangan tersebut yakni:
=> 30 : 21 = 1 sisa 9
Jadi FPB dari 21 dan 30 adalah 9. Bilangan bulat berapa dikalikan dengan 9 supaya menghasilkan 30 dan 21? Tidak ada bukan? Jadi hasilnya salah.

Cara Cepat KPK
Hampir sama seperti pada FPB, kelipatan persekutuan terkecil dari dua bilangan bulat dapat diperoleh dengan cara “mengalikan bilangan besar dengan bilangan kecil kemudian membaginya dengan bilangan FPB”. Misalnya berapakah KPK dari 12 dan 18?

Bilangan besarnya adalah 18, bilangan kecinya 12 dan FPBnya adalah 6, maka KPK dapat dicari yakni:
=> KPK = 18 × 12/6
=> KPK = 36
Jadi, KPK dari 12 dan 18 adalah 36 (hasilnya benar)

Bagaimana dengan KPK dari 21 dan 30? Jika kita menggunakan faktorisasi prima dan pohon faktor, maka akan diperoleh KPK dari 21 dan 30 adalah 210. Bagaimana dengan cara cepat yang diposting di beberapa blog?

Jika kita menggunakan cara cepat yang diposting di beberapa blog maka hasilnya sebagai berikut. Bilangan besarnya adalah 30, bilangan kecilnya 21, dan FPBnya 9 (dengan cara cepat), maka KPKnya yakni:
=> KPK = 30 × 21 : 9
=> KPK = 70
Berdasarkan cara cepat maka KPK dari 21 dan 30 adalah 70. Apakah ada bilangan bulat 21 dan 30 mempunyai kelipatan 70? Tidak ada bukan? Jadi hasilnya salah.

Sekarang coba Anda kerjakan soal berikut dengan menggunakan faktorisasi prima atau pohon faktor, kemudian bandingkan hasilnya dengan menggunakan cara cepat yang ada di beberapa blog dan sudah Mafia Online jelaskan pada p0stingan di atas. Tentukan FPB dan KPK dari 7 dan 30?

Berdasarkan ulasan di atas maka dapat dapat disimpulkan jika Anda menemukan cara atau trik tertentu di “dunia maya”, jangan Anda langsung menerimanya. Pelajari cara tersebut apakah cara tersebut relevan dengan masalah-masalah lainnya. Terkadang cara cepat itu sesuai dengan hasilnya karena hanya kebetulan saja dan jika diterapkan pada kasus lain maka hasilnya sangat jauh dari yang namanya benar.

Oke, demikian postingan Mafia Online tentang kesalahan yang terjadi pada cara cepat mencari FPB dan KPK dari dua bilangan bulat. Mohon maaf jika ada kata atau hitungan yang salah dari postingan ini. Akhir kata, salam Mafia => “Kita pasti bisa”.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Cepat Mencari FPB dan KPK (Kesalahan Yang Fatal)"

  1. Assalamu'alaikum...
    Mohon maaf kepada admin sebelumnya, bahwa yang Anda jelaskan kurang tepat mengenai kesalahan fatal menggunakan cara cepat. Hal ini dikarenakan cara Anda masih kurang sedikit.
    Untuk FPB 21 dan 30.
    30 : 21 = 1 (sisa 9)
    21: 9 = 2 (sisa 3)
    9 : 3 = 3 (sisa 0) Jawaban 3.
    Jadi hasil FPB nya dihitung dari hasil akhir pembagian sampai sisa pembagian tersebut 0, tentunya dengan pola seperti yang saya terangkan di atas.
    Dan ternyata hasil jawaban saya dengan cara cepat sama dengan cara faktorisasi prima atau pohon faktor (yaitu 3).
    Jadi cara yang beredar di "dunia maya" tersebut memang benar. Namun, harus kita teliti lagi.

    Terima kasih. Wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete