free website hit counter Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Mudah

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Mudah

Iklan
Iklan

Memiliki banyak pengunjung merupakan harapan semua blogger. Baik buruknya atau berkualitas atau tidaknya suatu blog bisa kita lihat berdasarkan jumlah pengunjung dari blog tersebut. Semakin banyak jmulah pengunjung maka blog tersebut boleh dikatakan blog yang baik atau berkualitas. Yang jadi masalah sekarang, bagaimana caranya agar blog kita memiliki jumlah pengunjung yang banyak?

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Mudah

Berikut beberapa tips dari ratusan tips yang ada untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Tips ini merupakan tips sederhana dan caranya pun sangat mudah, dan tidak perlu menginstal software atau prorgam apalah namanya.

Gunakan Adword (Riset Kata Kunci)
Sebenarnya aplikasi bawaan dari google ini digunakan untuk para pengiklan untuk meningkatkan jumlah pengunjung iklannya. Akan tetapi aplikasi ini sekarang jauh melenceng, tidak hanya digunakan oleh para pengiklan tetapi digunakan oleh para blogger, mulai dari newbie sampai para master pun menggunakannya.

Adword ini digunkan untuk mencari kata kunci yang tepat. Tentunya kata kunci yang sedikit persaingannya dan dicari banyak orang. Jadi silahkan anda mendaftar di google Adword untuk mengunkan aplikasi tersebut. Untuk tutorial cara menggunakan google Adword silahkan baca postingan dari trikmudahseo.blogspot.com. Pada postingan tersebut dijelaskan secara mendetail cara menggunakan google Adword.

Gunakan Google Analytic
Lho, kenapa google analitic mampu meningkatkan jumlah pengunjug suatu blog? Apa hubungannya? Sama seperti google Adword, Google analitics merupakan aplikasi bawaan dari google. Jadi setiap akun google akan memiliki aplikasi ini. Jadi sudah saatnya anda memanfaatkan aplikasi ini untuk meningkatkan jumlah pengnjung blog anda. Silahkan hubungkan blog anda dengan google analitics.

Dari google analitics anda akan tahu berapa jumlah pengunjung blog anda setiap harinya, bagaimana tingkah laku pengunjung, postingan yang mana saja yang sering dikunjungi oleh pengunjung dan lain sebagainya. Misalnya anda memiliki postingan yang pengunjungnya sedikit maka perbaikilah postingan tersebut baik dari kata kunci maupun dari isi postingan. Kemudian arahkan link ke postingan tersebut dari postingan yang banyak pengunjungnya. Maksudnya begini, misalkan anda memiliki postingan yang berjudul “Tips meningkatkan jumlah pengunjung blog” ternyata jumlah pengunjungnya sangat minim, sedangkan anda memiliki postingan yang berjudul “Cara membuat blog yang hebat” yang memiliki jumlah pengunjung yang lumayan banyak, maka langkah anda adalah buatlah link dari postingan yang berjudul “Cara membuat blog yang hebat” ke postingan yang berjudul “Tips meningkatkan jumlah pengunjung blog”. Maka postingan yang jumlah pengunjungnya sedikit akan didongkrak oleh postingan yang pengunjungnya banyak. Ini sudah terbukti, silahkan anda buktikan sendiri. Usahakan postingan yang banyak pengunjungnya tersebut menduduki hamalan pertama Mbah Google.

Nah itulah fungsi google analitics jika ditinjau dari cara meningkatkan jumlah pengunjung blog. Sedangkan fungsi yang lainnya nanti saya akan jelaksan pada postingan berikutnya. Masih banyak fungsi-fungsi lainnya yang belum terungkap. Untuk cara pendaftaran dan cara penggunaan google analitics silahkan anda baca tutorialnya pada blognya mas Ricky Pratama. Mafia Online banyak belajar dari blognya beliau.

Gunakan Alat Webmaster Google
Fungsinya hampir sama seperti Google analitics, hanya saja pada Alat Webmaster ini kita bisa meningkatkan performa blog kita. Misalnya pada alat webmaster kita bisa lihat kalau diblog kita ada broken link. Broken link ini yang sangat berpengaruh pada persaingan di mesin pencari di google. Semakin banyak ada broken link maka blog kita semakin kalah bersaing di Mbah Google. Jadi silahkan cek blog anda apakah ada broken link atau tidak. Jika ada segera hapus link-link tersebut dari pencarian mbah google. Lalu apa hubungannya dengan meningkatkan jumlah pengunjung blog?

Dalam google alat webmaster juga tersedia berapa jumlah klik terhadap kata kunci yang kita gunakan. Dari hal tersebut kita akan tahu kata kunci apa yang dicari dalam blog kita. Jika kata kunci yang dipasang pada blog sedikit mengenai sasaran maka gunakan cara yang ketiga yaitu dengan menambahkan backlink yang mengarah ke kata kunci tersebut. Untuk cara pemasangan dan menggunakan Google Webmaster Tools silahkan baca di blognya Mas Ricky

Tambahkan Backlink Secara Berlanjut
Backlink merupakan hal yang penting dalam mengotimalisasi sebuah blog. Sehingga saat ini Mafia Online mencoba melakukan eksperimen sederhana mengenai backlink yaitu pengaruh backlink terhadap peringkat alexa. Ekeperimen tersebut mengambil dua sampel yaitu blog dengan domain www.balimekarsari.com yang dijejali dengan backlink dan blog yang satunya www.longtripmania.com yang tanpa backlink. Bagaimana perkembangan blog tersebut kita lihat nanti.

Berbicara mengenai backlink tidak akan pernah habisnya, karena backlink itu berguna sekali dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog kita. Hampir semua blogger menggunakan backlink untuk mengoptimalisasi blognya. Terkecuali orang tersebut membuat blog hanya untuk hiburan atau menyalurkan hobi tanpa memerlukan peringkat ataupun jumlah pengunjung.

Cara yang ampuh untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah dengan cara mengintip alexa rank suatu blog. Usahakan blog yang alexa ranknya ramping. Untuk mengetahui hal tersebut silahkan anda instal alexa toolbar pada browser anda. Ada cara lebih mudah lagi tanpa harus menginstal alexa toolbar yaitu masuk ke situs alexa rank dengan mengetik format alamat sebagai berikut pada browser anda: http://www.alexa.com/siteinfo/namadomain. Misalnya Mafia Online gunakan contoh blog ini untuk dicek alexa ranknya, maka formatnya menjadi: http://www.alexa.com/siteinfo/mafiaol.com

Nanti anda akan ditampilkan peringkat alexa rank global maupun alexa rank global lokal. Untuk peringkat alexa rank lokal kadang ditampilkan kadang tidak, bukan itu tujuannya melakukan ini. Tetapi coba anda lihat pada Reputation (Sites Linking In). Pada Reputation (Sites Linking In) akan ditampilkan jumlah backlink, hanya saja jumlah yang ditampilkan oleh alexa tidak sama dengan jumlah backlink yang dimiliki oleh blog tersebut. Misalnya blog Mafia Online memiliki 5000 backlink kemungkinan besar yang muncul di alexa hanya 80 backlink.

Klik Reputation (Sites Linking In), anda akan ditampilkan sejumlah nama domain blog atau web yang menjadi backlink dari blog tersebut. Silahkan anda pilih nama domain dengan cara mengcopy lalu paste pada browser anda. Terakhir silahkan anda berkomentar pada blog yang anda lihat. Ingat berkomentarlah dengan sopan dan jangan melakukan spam. Jika perlu bacalah satu buah artikel  yang disajikan pada blog tersebut kemudian komentarilah artikel tersebut dengan sopan dan nyambung dengan isi artikel.

Nah itu merupakan salah satu cara dari ratusan cara yang ada untuk mendapatkan backlink. Cara ini merupakan cara yang sederhana untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Untuk cara-cara yang lain Mafia Online akan posting pada kesempatan berikutnya.

Memperbanyak Postingan
Memperbanyak postingan merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Terkadang dengan memperbanyak postingan secara otomatis backlink kita akan bertambah dengan sendirinya, dengan sayarat  postingan harus berkualitas dan bukan hasil copy paste blog lain.

Mengenai masalah memperbanyak postingan yang mampu meningkatkan jumlah pengunjung sudah Mafia Online bahas pada postingan sebelumnya. Silahkan anda baca untuk mengetahuinya secara mendetail. Selain meningkatkan jumlah pengunjung, memperbanyak postingan juga sangat menguntungkan.

Demikian beberapa tips cara meningkatkan jumlah pengunjung. Tips-tips di atas sudah Mafia Online terapkan dan hasilnya sudah terbukti. Dari salah satu subdomaian Mafia Online mampu mendapatkan pengunjung rata-rata setiap harinya mencapai 2000 pengunjung unik dan rata-rata 5000 page views per harinya. Bahkan pada hari-hari tertentu pernah mencapai 10.000 page views dalam sehari (berdasarkan Google Analitics). Sekarang silahkan anda buktikan sendiri.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Mudah"

  1. Info yang lengkap sob, mungkin info ini bisa jadi bahan pertimbangan lagi buat saya. hehe kebetulan ane jarang2 nengok google analytic.

    ReplyDelete
  2. wah tenyata untuk menguasai traffic sangat mudah yah

    ReplyDelete