free website hit counter Penerapan Fisika Modern Untuk Materi Sinar-X

Penerapan Fisika Modern Untuk Materi Sinar-X

Iklan
Iklan

Sinar-X ditemukan tanpa sengaja pada saat melakukan eksperimen tertentu oleh seorang fisikawan asal Jerman yang bernama Wilhelm Conrad Rontgen pada tanggal 9 November 1895. Proses terjadinya sinar-X merupakan kebalikan dari Efek Foto Listrik (EFL). Di mana elektron energetik menumbuk permukaan logam dan dari permukaan logam dipancarkan foton dalam bentuk sinar-X.

Penemuan yang tidak disengaja ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Sinar-X dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang.

Bidang Kesehatan
Jika seseorang mengalami kecelakaan, biasanya akan dilakukan Rontgen terlebih dahulu untuk mengecek bagian tubuh mana yang mengalami kerusakan atau tulang yang mana mengalami patah atau retak.

Untuk mengetahui hal tersebut, ahli radiologi menggunakan pemindaian sinar-X untuk menghasilkan gambar struktur internal tubuh pasien melalui suatu alat Radiograf. Hal ini memungkinkan berbagai diagnosa seperti patah tulang, adanya tumor, dan bahkan melihat saluran pencernaan dapat dilakukan dengan lebih akurat. Dengan menggunakan ‘ruang ion’ yang terletak antara pasien dan film sinar-X, ahli radiologi dapat mengatur jumlah paparan radiasi yang diemisikan ke pasien.

Penerapan Fisika Modern Untuk Materi Sinar-X


Selain untuk melihat kondisi tulang, gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan yang dikenal dengan nama Foto Rontgen, sinar-X digunakan untuk Radioterapi. Radioterapi adalah suatu pengobatan yang menggunakan sinar pengion yang banyak dipakai untuk menangani penyakit kanker.

Bidang Industri
Selain di bidang kesehatan, Sinar-X juga digunakan dibidang industri, misalnya untuk memeriksa kecacatan dalam struktur binaan atau bagian-bagian dalam mesin dan engine, memeriksa rekahan dalam pipa logam, dinding konkrit dan dandang tekanan tinggi, memeriksa retakan dalam struktur plastik dan getah, dan menyelidiki struktur hablur dan jarak pemisahan antara atom-atom dalam suatu bahan hablur.

Bidang Kesenian
Dalam bidang kesenian, sinar X digunakan untuk mengecek apakah suatu lukisan atau objek seni purba itu benar atau tiruan.

Bidang Penerbangan
Jika kita akan naik pesawat dan membawa koper, maka koper atau barang bawaan kita diperiksa dengan menggunakan bantuan sinar X. Selain itu, Sinar-X dapat digunakan untuk mengetahui instrument pesawat yang mengalami kerusakan. Namun kekuatan yang digunakan 10 kali lipat dari yang biasa digunakan untuk rongent di rumah sakit sehingga operator yang menggunakan sinar-X harus ekstra hati-hati agar tidak mengenai tubuh manusia.
Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan Fisika Modern Untuk Materi Sinar-X"

Post a Comment