free website hit counter Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop

Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop

Iklan
Iklan
          Mafia Online => Baterai laptop merupakan komponen penting dalam perngkat laptop. Apalagi harga baterai hampir setengah harga laptop itu snediri. Oleh karena itu, perawatan baterai laptop sangat penting dilakukan agar baterai tidak droop. Laptop yang baterainya droop tidak bisa di bawa ke mana-mana secara bebas. Harus mencari sumber arus listrik baru laptop bisa digunakan. Jadi agar baterai laptop awet (tidak cepat rusak) ada hal-hal yang harus dihindari, sebagai berikut.

Baterai merupakan komponen vital pada laptop, perwatannya sangatlah penting.
Sumber gambar:  pricearea.com

Suhu Terlalu Panas
Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Jadu, selalu jaga suhu baterai agar tidak terlalu panas. Usahakan menggunakan coolpad agar sirkulasi udara tetap lancar. Jangan menggunakan laptop di atas kasur, sofa, atau benda-benda empuk lainnya. Laptop butuh sirkulasi udara karena dia mengeluarkan panas. Kalau kita simpan di kasur, panasnya tidak akan keluar. Jika memang harus memakai di sana, sebaiknya gunakan alas yang cukup tebal dan keras.

Membuka Banyak Apikasi
Membuka banyak aplikasi akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi, tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Sebisanya pada saat anda berkerja dengan laptop, lakukan dan tuntaskan salah satu pekerjaan saja pada satu waktu. Kurangi volume speaker laptop atau matikan saja  jika tidak terlalu diperlukan.

Terkena Air, Sinar Matahari Langsung, Dan Jatuh
Semua barang elektronik dilarang untuk berhubungan langsung dengan air. Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik baterai itu sendiri. Ini dapat mempengaruhi kinerja laptop. Baterai atau laptop jangan sampai terbentur apalagi terjatuh , karena akan rentan terhadap arus pendek/korslet sehingga menyebabkan overheating.

Penggunaan Baterai Terlalu Lama
Lepas baterai bila penggunaan lebih dari 6 jam. Jika tidak, Anda akan bolak balik mengisi baterai dan ini akan membuat baterai lebih cepat rusak. Sebelum melepas baterai, usahakan baterai sudah terisi penuh (atau setidaknya tidak kosong). Cabut/pasanglah baterai ketika laptop sudah benar-benar dalam keaadan mati atau hibernate. Jangan pula membiarkan baterai Anda mengganggur dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Sesekali pakailah baterai tersebut agar ia tidak kehilangan kapasitasnya.

Penggunaan Perangkat Eksternal Secara Berlebihan
Jika device USB tidak digunakan, silahkan eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak digunakan karena perangkat ini banyak mengkonsumsi daya. Hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop anda.

Selain hal-hal yang harus dihindari ada juga hal-hal yang harus dilakukan agar baterai laptop tetap awet, sebagai berikut.
=>  Gunakan power management pada control panel. Set kecerahan di bawah 50% atau bisa langsung dengan menekan Fn + left button keyboard. Jangan menggunakan screen saver yang aneh-aneh dan lebay, gunakan blank saja. Set juga power jadi max battery.

=>  Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop sampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.


=> Defragging secara berkala harus  dilakukan agar hard drive pada laptop berakselerasi lebih cepat. Defragmentasi akan menyusun data-data pada hard disk menjadi lebih terstruktur dan akan memerlukan daya lebih sedikit dibandingkan jika file di dalam hard disk acak-acakan. Perlu diingat, sambungkan laptop anda ke sumber listrik pada saat anda melakukan Defragging.

=> Anda juga harus membersihkan logam kontak (logam penghubung ) baterai laptop secara berkala menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan alkohol. Hal ini akan membuat kontak catu daya dari baterai ke laptop menjadi efisien.


=>  Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10%. Jangan sampai baterai benar-benar habis atau dayanya 0% karena banyak efeknya bagi baterai. Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Kabar baiknya, laptop-laptop masa kini umumnya sudah dirancang untuk mati sebelum baterai kosong, yaitu ada di bagian Power Options. Silahkan Anda cek di laptop anda sendiri.

=>  Kalau laptop sering di hidup-matikan, sebaiknya gunakan mode hibernate saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.

Demikian cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga postingan ini bisa membantu Anda yang baru membeli laptop sehingga baterainya tetap awet.


Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop"

Post a Comment