free website hit counter Penemuan Planet Baru, Lebih Kecil Dari Bumi

Penemuan Planet Baru, Lebih Kecil Dari Bumi

Iklan
Iklan
Para astronom sedang gencar-gencarnya mencari dunia baru yang mirip dengan bumi yang mampu mendukung kehidupan, sehingga para astronom terus melakukan pengamatan di angkasa. Para astronom telah menemukan dunia jauh lebih kecil dari Bumi, mengorbit sebuah bintang kerdil merah redup yang tiga puluh tiga tahun cahaya.  Ini dunia baru, kata para peneliti yang menemukannya, mungkin hanya 5.200 mil, sekitar dua pertiga sebesar Bumi.

Konsepsi dari planet, 33 tahun cahaya,
yang hanya sekitar dua pertiga sebesar Bumi.
Sampai saat ini, teleskop telah tidak dapat menemukan dunia kecil tersebut.
Sumber:  http://abcnews.go.com
Dunia yang baru ditemukan tersebut disebut UCF-1.01, dan Stevenson dan koleganya menemukan dengan teleskop ruang angkasa Spitzer NASA di orbit Bumi. Planet tersebut mengorbit sebuah bintang yang disebut GJ 436. Para astronom menghabiskan waktu setahun menyaksikan untuk mengkonfirmasi bahwa itu memang sebuah dunia yang jauh.
UCF-1.01 mungkin bukan tempat yang sangat bagus. Stevenson dan kelompoknya menghitung bahwa cambuk di sekitar bintang induknya hanya dalam 1,4 Bumi-hari, pada jarak sekitar 1,6 juta mil (sedangkan kita pada jarak 93 juta mil dari matahari kita). Suhu di permukaannya mungkin melebihi 1.000 derajat Fahrenheit, kata para peneliti.
Mereka tidak bisa melihatnya secara langsung (mataharinya tidak lain hanyalah sebuah titik dalam teleskop) tapi mereka bisa melihat penurunan kecil dalam kecerahan bintang sebagai piringan UCF-1.01 yang lewat di depannya. Untuk saat ini, mereka bahkan tidak bisa menghitung massanya. Mereka juga melihat planet yang lain, planet yang jauh lebih besar yang mengorbit bintang yang sama.
Tak seorang pun akan meluncurkan misi untuk UCF-1.01 waktu dekat, ada dunia lain, termasuk bulan Jupiter dan Saturnus, yang terlihat jauh lebih menjanjikan sebagai rumah bagi makhluk hidup. Namun, penemuan menunjukkan bahwa jika dunia ini bisa dideteksi, yang lain (mungkin dalam apa yang disebut zona layak huni di sekitar bintang tempat mengorbit mereka) segera dapat ditemukan juga.


Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penemuan Planet Baru, Lebih Kecil Dari Bumi"

Post a Comment