free website hit counter Berapakah Jarak Mars?

Berapakah Jarak Mars?

Iklan
Iklan

Jarak dari Bumi ke Mars pertama kali ditentukan oleh Giovanni Cassini tahun 1672 dengan menggunakan metode paralaks. Dia mengirim seorang rekan, Jean Richer, ke Guyana Prancis sementara dia tinggal di Paris. Mereka mengambil pengukuran posisi Mars, dan Triangulasi pengukuran tersebut dengan jarak yang dikenal antara Paris dan Guyana Perancis.

Mars adalah planet keempat dari matahari. Ini telah menjadi objek favorit bagi para ilmuwan ruang angkasa selama berabad-abad dan penjelajah ruang selama beberapa dekade. Jarak ke Mars tergantung pada saat Anda mengukurnya, dan dari sudut pandang yang mana.

Sumber: space.com

Jarak Mars dari Bumi
Orbit Mars dan Bumi terhadap matahari memiliki kecepatan yang berbeda, di mana Bumi punya jalur dan dapat mengelilingi matahari lebih cepat. Kesamaannya adalah keduanya memiliki orbit elips, bukan lingkaran yang sempurna. Jadi jarak dari Bumi ke Mars terus berubah. Secara teori, planet-planet yang paling dekat bisa datang bersama-sama ketika Mars berada pada titik terdekat dengan matahari (perihelion) dan Bumi berada pada titik terjauh (aphelion). Dalam situasi itu, planet-planet akan menjadi 33,9 juta mil (54,6 juta kilometer) dari satu sama lain. Tapi itu belum pernah terjadi dalam sejarah. Pendekatan yang dikenal paling dekat adalah 34,8 juta mil (56 juta km) dan ini terjadi pada tahun 2003.

Jarak Mars dari matahari
Mars memiliki orbit yang sangat eksentrik, yaitu menyimpang dari lingkaran sempurna lebih dari orbit planet lain. Pada jarak terjauh (aphelion), jarak Mars adalah 154 juta mil (249 juta km) dari matahari. Pada terdekatnya (perihelion), jarak Mars adalah 128 juta mil (206 juta km) jauh. Rata-rata, jarak ke Mars dari matahari adalah 141 juta mil (228 juta km). Mars berputar mengelilingi matahari dalam waktu 687 hari Bumi, yang merupakan tahun Mars.

Bagaimana ilmuwan bisa tahu jarak planet mars ke bumi atau ke matahari? Silahkan anda baca cara mengetahui jarak mars ke bumi dan ke matahari.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapakah Jarak Mars?"

Post a Comment