free website hit counter Bagaimana Atmosfer Mars (Komposisi, Cuaca dan Iklim)?

Bagaimana Atmosfer Mars (Komposisi, Cuaca dan Iklim)?

Iklan
Iklan
Planet Merah (Mars) memiliki atmosfer tipis (terlalu tipis juga untuk mendukung kehidupan seperti yang kita kenal). Udara yang sangat tipis di Mars juga dapat menjadi sangat berdebu. Bahkan bisa terjadi badai debu, seperti “badai setan” yang terjadi baru-baru ini.

Atmosfer Mars yang tipis, penyusun utamanya
 adalah karbon dioksida seperti yang digambarkan dalam ilustrasi ini.
Sumber: space.com

Atmosfer Mars adalah sekitar 100 kali lebih tipis dari Bumi, dan itu adalah 95 persen karbon dioksida. Berikut komposisi penyusun atmosfer planet mars:
  • Karbon dioksida: 95,32 persen
  •  Nitrogen: 2,7 persen
  • Argon: 1,6 persen
  • Oksigen: 0,13 persen
  • Karbon monoksida: 0,08 persen
Juga ada sejumlah kecil: air, nitrogen oksida, neon, hidrogen deuterium-oksigen, kripton dan xenon.

Mars jauh lebih dingin dari Bumi, hal ini disebabkan karena jaraknya lebih jauh dari matahari. Suhu rata-rata adalah sekitar minus 80 derajat F (minus 60 derajat C), di dekat kutub selama musim dingin suhunya menjadi minus 195 derajat F (minus 125 derajat C) dan di dekat khatulistiwa suhunya 70 derajat nyaman F (20 derajat C ) pada tengah hari.

Badai setan raksasa sering terjadi di Mars, dan merupakan badai yang terbesar di tata surya, mampu menyelimuti seluruh planet dan berlangsung selama berbulan-bulan. Satu teori yang mengungkap kenapa bisa terjadi badai debu begitu besar di Mars. Partikel debu di udara menyerap sinar matahari akibat pemanasan atmosfer Mars, dan memperkecil tekanan udara. Udara akan mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan tendah, sehingga menghasilkan angin. Angin kencang mengangkat lebih banyak debu besi oksida dari tanah, yang pada gilirannya memanaskan atmosfer, meningkatkan angin dan mengangkat debu lagi.

Kadang-kadang juga ada salju di Mars. Kepingan salju Mars terbuat dari karbon dioksida, dianggap seukuran sel darah merah. Daerah-daerah kutub utara dan selatan Mars yang tertutup oleh es sebagian besar dibuat dari karbon dioksida, bukan air.

Di Mars bisa sekali ada kehidupan. Beberapa berspekulasi bahwa kehidupan mungkin masih ada di sana hari ini. Sejumlah peneliti bahkan telah berspekulasi bahwa kehidupan di Bumi mungkin berasal Mars, atau bahwa kehidupan di Mars turun ke Bumi.

Samudra mungkin menutupi permukaan Mars di masa lalu, menyediakan lingkungan bagi kehidupan untuk berkembang. Meskipun planet merah adalah gurun dingin hari ini, peneliti menyarankan bahwa air cair mungkin berada di bawah tanah, yang mampu menyediakan tempat perlindungan yang potensial untuk kehidupan yang mungkin masih ada di sana. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada air es berlimpah di bawah permukaan Mars.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Atmosfer Mars (Komposisi, Cuaca dan Iklim)?"

Post a Comment