free website hit counter Awas..!! Stres atau depresi bisa membuat otak menciut

Awas..!! Stres atau depresi bisa membuat otak menciut

Iklan
Iklan
Pernahkah Anda mengalami stres atau depresi? Awas..!! Stres berat bisa membuat volume otak anda menciut atau mengecil lho. Apa dampaknya bila volume otak Anda mengecil? Menurut hasil penelitian, depresi berat atau stres kronis dapat menyebabkan hilangnya volume otak, suatu kondisi yang memberikan kontribusi untuk gangguan emosional dan kognitif. Para ilmuwan telah menemukan satu alasan mengapa hal ini terjadi (saklar genetik tunggal yang memicu hilangnya koneksi otak pada manusia dan depresi pada hewan model).

stres
Awas..!! Stres bisa membuat volume otak Anda mengecil lho!!
Sumber Gambar:  http://www.carazone.net


Temuan ini menunjukkan bahwa saklar genetik yang dikenal sebagai faktor transkripsi merepresi ekspresi dari beberapa gen yang diperlukan untuk pembentukan hubungan sinaptik antar sel otak, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi hilangnya massa otak di korteks prefrontal.

"Kami ingin menguji gagasan bahwa stres menyebabkan hilangnya sinapsis otak pada manusia," kata penulis senior Ronald Duman, para Mears Elizabeth dan Rumah Jameson Profesor Psikiatri dan profesor neurobiologi dan farmakologi seperti disinyalir pada www.sciencedaily.com. "Kami menunjukkan bahwa sirkuit biasanya terlibat dalam emosi, serta kognisi, terganggu ketika faktor transkripsi tunggal diaktifkan."

Tim peneliti menganalisis jaringan dari pasien depresi dan tidak depresi disumbangkan dari sebuah bank otak dan mencari pola yang berbeda dari aktivasi gen. Otak pasien yang mengalami depresi menunjukkan tingkat yang lebih rendah dari ekspresi gen yang diperlukan untuk fungsi dan struktur sinapsis otak. Penulis dan peneliti postdoctoral HJ Kang menemukan bahwa sedikitnya lima gen ini dapat diatur oleh faktor transkripsi tunggal yang disebut GATA1. Ketika faktor transkripsi diaktifkan, tikus menunjukkan gejala seperti depresi, menunjukkan GATA1 memainkan peran tidak hanya dalam hilangnya hubungan antara neuron tetapi juga dalam gejala depresi.

Ekspresi gen tunggal secara dramatis mengurangi hubungan sinaptik antar sel otak. Ilmuwan Yale percaya ini mungkin menjelaskan mengapa orang yang menderita stres kronis dan depresi bisa menderita kehilangan volume otak
Ekspresi gen tunggal secara dramatis mengurangi hubungan sinaptik antar sel otak. Ilmuwan Yale percaya ini mungkin menjelaskan mengapa orang yang menderita stres kronis dan depresi bisa menderita kehilangan volume otak.
Sumber gambar:  http://www.sciencedaily.com

Ekspresi gen tunggal secara dramatis mengurangi hubungan sinaptik antar sel otak. Ilmuwan Yale percaya ini mungkin menjelaskan mengapa orang yang menderita stres kronis dan depresi bisa menderita kehilangan volume otak.

Duman berteori bahwa variasi genetik dalam GATA1 mungkin suatu hari membantu mengidentifikasi orang yang berisiko tinggi untuk depresi besar atau sensitivitas terhadap stres. "Kami berharap bahwa dengan meningkatkan hubungan sinaptik, baik dengan obat-obat baru atau terapi perilaku, kita dapat mengembangkan terapi antidepresan lebih efektif," kata Duman.

Jadi, usahakanlah hidup anda supaya tidak stres atau depresi berat. Berikut Mafia Online akan memberikan beberapa tips cara menghilangkan stres atau depresi ala Mafia Online.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas..!! Stres atau depresi bisa membuat otak menciut"

Post a Comment