free website hit counter 10 Lubang Hitam yang Paling Unik

10 Lubang Hitam yang Paling Unik

Iklan
Iklan
Lubang hitam sampai sekarang pun masih menyimpan misteri. Ada yang mengatakan bahwa lubang hitam itu mampu menembus dimensi ruang dan waktu. Lubang hitam merupakan wilayah di ruang angkasa di mana gaya tarik gravitasi sangat kuat menarik apapun. Planet yang ada di sekitarnya juga tidak akan selamat jika berada di dekat lubang itu.
Lubang hitam merupakan monster kosmis raksasa, objek eksotik yang gravitasinya begitu kuat sehingga cahaya tidak dapat melarikan diri dari cengkraman lubang hitam. Lubang hitam ada dalam berbagai macam bentuk. Berikut adalah 10 dari lubang hitam yang paling ekstrim, dari yang terkecil sampai yang terbesar dan dari yang kanibal sampai pengembara.

Lubang Hitam Terbesar
Salah satu galaksi, yang dikenal dengan nama NGC 3842 (galaksi paling terang di cluster Leo jaraknya hampir 320 juta tahun cahaya) memiliki pusat lubang hitam yang mengandung 9,7 miliar massa matahari. Selain itu ada juga galaksi yang dikenal dengan nama NGC 4889, galaksi paling terang di cluster Coma jaraknya lebih dari 335 juta tahun cahaya, memiliki lubang hitam dengan massa lebih besar.



Kisaran gravitasi dari lubang hitam ini adalah sekitar lima kali jarak dari matahari ke Pluto. Sebagai perbandingannya lubang  hitam tersebut 2.500 kali massa lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti, yang cakrawalanya seperlima orbit Merkurius.

Lubang Hitam Terkecil
Tidak semua lubang hitam tersebut lebih besar dari matahari, akan tetapi ada juga lebih kecil dari matahari. Lubang hitam terkecil ditemukan hingga mungkin kurang dari tiga kali massa matahari kita, yang disebut IGR J17091-3624.





Lubang Hitam Kanibal
Lubang hitam dikatakan kanibal karena memakan lubang hitam lainnya. Lubang hitam ini menelan apa pun yang melayang terlalu dekat, termasuk lubang hitam lainnya. Para ilmuwan baru-baru ini mendeteksi lubang hitam raksasa di jantung salah satu galaksi dimakan oleh lubang hitam lebih besar.

Dengan menggunakan Chandra X-ray Observatory milik NASA, peneliti terdeteksi dua lubang hitam di pusat galaksi yang dijuluki NGC3393, dengan satu lubang hitam sekitar 30 juta kali massa matahari dan yang lainnya setidaknya 1 juta kali massa matahari, yang dipisahkan satu sama lain dengan hanya sekitar 490 tahun cahaya.

Lubang Hitam Penembak
Lubang hitam yang dikenal sebagai menghisap materi, namun para peneliti menemukan bahwa lubang hitam dapat menembakkan materi keluar. Pengamatan dari sebuah lubang hitam yang disebut H1743-322, yang mampu menampung lima sampai 10 kali massa matahari dan terletak sekitar 28 ribu tahun cahaya dari Bumi, mengungkapkan lubang hitam itu tampaknya menarik materi dari bintang pasangannya, kemudian meludahkannya beberapa kembali keluar sebagai "peluru" gas raksasa bergerak hampir seperempat kecepatan cahaya.


Lubang Hitam Tertua
Lubang hitam tertua belum ditemukan, namun ada lubang hitam yang tua ditemukan (belum tertua). Lubang hitam ini secara resmi dikenal dikenal dengan nama ULAS J1120+0641, lahir sekitar 770 juta tahun setelah Big Bang yang menciptakan alam semesta kita. (Para ilmuwan berpikir Big Bang terjadi sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu.)

Usia kuno lubang hitam ini sebenarnya menimbulkan beberapa masalah bagi para astronom. Ini sungguh membingungkan, tampaknya lubang hitam tersbut ukurannya 2 miliar kali massa matahari. Bagaimana mungkin lubang hitam menjadi begitu besar segera terbentuk setelah Big Bang, ini sangat sulit untuk dijelaskan.

Lubang Hitam Paling Terang
Meskipun lubang hitam memiliki gravitasi sangat kuat sehingga bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri, juga membentuk jantung quasar, obyek paling terang, paling kuat dan paling energik di alam semesta.
Sebagai lubang hitam supermasif di pusat galaksi yang menyedot sekitarnya gas dan debu, juga dapat memuntahkan sejumlah besar energi. Para Quasar terang kita dapat lihat di kisaran 3C 273, yang terletak sekitar 3 miliar tahun cahaya.

Lubang Hitam Pengembara
Ketika galaksi terjadi tabrakan, lubang hitam bisa mental jauh dari lokasi tabrakan dan berkeliaran dengan bebas melalui ruang. Lubang hitam pertama yang diketahui seperti itu adalah SDSSJ0927+2943, mungkin sekitar 600 juta kali massa matahari. Ratusan lubang hitam nakal mungkin berkeliaran Bima Sakti.

Lubang Hitam Menengah
Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa lubang hitam ada dalam tiga ukuran (yang pada dasarnya kecil, menengah dan besar). Lubang hitam pada umumnya relatif kecil seukuran massa matahari jumlahnya sedikit, sementara lubang hitam supermasif jutaan hingga miliaran massa matahari diperkirakan mengintai di jantung hampir setiap galaksi. Satu lebih besar dari empat juta matahari, diduga bersembunyi di pusat Bima Sakti.
Para ilmuwan baru-baru ini menemukan sebuah lubang hitam massa menengah, yang disebut HLX-1 (Hyper-Luminous sumber sinar-X 1), sekitar 290 juta tahun cahaya dari Bumi, yang tampaknya menjadi sekitar 20.000 massa matahari.

Lubang Hitam Berputar
Lubang hitam bisa berputar dengan kecepatan luar biasa. Satu lubang hitam yang disebut GRS 1915+105, dalam konstelasi Aquila (The Eagle) sekitar 35.000 tahun cahaya dari Bumi, berputar lebih dari 950 kali per detik.

Lubang Hitam Di Meja
Lubang hitam untungnya cukup jauh dari Bumi, namun jarak ini membuat sulit untuk mengumpulkan petunjuk yang bisa membantu memecahkan banyak misteri yang mengelilingi mereka. Namun, peneliti sekarang menciptakan kembali sifat misterius dari lubang hitam pada permukaan meja.


Lubang hitam memiliki gravitasi menarik begitu kuat sehingga apa pun tidak bisa meloloskan diri, termasuk cahaya tidak dapat melarikan diri setelah jatuh melewati perbatasan dikenal sebagai “cakrawala peristiwa”. Untuk itu para ilmuwan telah menciptakan sebuah cakrawala peristiwa buatan di laboratorium dengan menggunakan serat optik. Mereka juga diciptakan kembali yang disebut radiasi Hawking dan berpikir untuk bisa melarikan diri dari lubang hitam.

Sumber Artikel: http://www.space.com














Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Lubang Hitam yang Paling Unik"

Post a Comment