free website hit counter Penerapan Prinsip Tekanan Gas Dalam Kehidupan Sehari

Penerapan Prinsip Tekanan Gas Dalam Kehidupan Sehari

Iklan
Iklan
Mungkin diantara kalian tidak asing mendengar istilah LPG. LPG merupakan singkatan dari liquified petroleum gas (gas minyak bumi cair), yang biasa digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak di dapur. Tahukah anda kenapa tabung LPG dibuat dari bahan yang sangat tebal dan keras? Kenapa tabung LPG tidak dibuat dari bahan yang ringan sehingga mudah dibawa misalnya dari bahan plastik? Kita ketahui bahwa bahan dari plastik lebih murah dibandingkan bahan tabung LPG seperti sekarang ini.
Penerapan Prinsip Tekanan Gas Dalam Kehidupan Sehari
Sumber: rri.co.id
 Seperti yang dilansir di Wikipedia bahwa LPG merupakan gas campuran dari berbagai senyawa hidrokarbon yang sumbernya berasal dari gas alam. Untuk membuat gasi ini berwujud cair perlu menambah tekanan yang sangat besar dan menurunkan suhunya. Komponen LPG lebih banyak mengandung gas propana (C3H8) dan gas butana (C4H10). Selain lebih banyak mengandung propana dan butana, LPG juga mengandung beberapa senyawa hidrokarbon ringan lain tetapi dalam jumlah kecil, misalnya gas etana (C2H6) dan gas pentana (C5H12).

Volume LPG dalam wujud cair lebih kecil dibandingkan dalam wujud gas untuk massa yang sama. Oleh karena itu, LPG dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bertekanan yang sangat tinggi. Biasanya volume LPG di dalam tabung tidak di isi secara penuh (sekitar 80-85% dari kapasitasnya). Ini bertujuan agar untuk memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya. Perbandingan antara volume gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair bervariasi tergantung komposisi, tekanan dan temperatur, tetapi biasaya sekitar 250:1.
Tekanan di mana LPG berbentuk cair, dinamakan tekanan uap-nya, juga bervariasi tergantung komposisi dan temperatur; sebagai contoh, dibutuhkan tekanan sekitar 220 kPa (2.2 bar) bagi butana murni pada 20 °C (68 °F) agar mencair, dan sekitar 2.2 MPa (22 bar) bagi propana murni pada 55 °C (131 °F).

LPG akan berwujud gas jika berada dalam kondisi atmosfer. Karena tekanannya sangat besar maka bahan yang dipakai untuk tabung gas juga harus kuat dan keras sehingga tidak mudah pecah. Coba bayangkan kalau tabung gas dibuat dari bahan plastik! Pasti akan meledak atau apling tidak akan melar atau mengembang.

Bagaimana konsep fisika mengenai tabung gas? Secara fisika di dalam tabung gas akan berlaku hukum-hukum fisika yang dikenal dengan teori gas.

Iklan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan Prinsip Tekanan Gas Dalam Kehidupan Sehari"

Post a Comment